Cara Baca Puisi Yang Baik dan Benar

Cara Baca Puisi Yang Baik dan Benar

Cara Baca Puisi

Pixabay.com CC StockSnap

Cara Baca Puisi Puisi ialah karya sastra yang termasuk dalam sajak lama yang terikat rima, irama juga penyusunan larik dan bait. Namun Puisi modern sekarang bebas tidak terikat rima dan baris. Tentunya Cara Baca Puisi berbeda dengan membaca biasa.

Puisi juga mempunyai fungsi sebagai sarana untuk mengungkapkan isi hati sesorang, sabagai kalimat motivasi, juga sebagaipenyampaian akan pelajaran.

Dan sekarang pembacaan puisi juga banyak dilombakan dalam event tertentu. Bukan hanya di nilai dari isinya tetapi juga cara membaca puisi tersebut.

Kita sering melihat dalam sebuah perlombaan membaca puisi, terlihat mudah dan gampang. Namun, perlu kita ketahui membaca puisi sangatlah sulit, perlu penghayatan dan penjiwaan yang dalam.

Terlebih saat membaca puisi didepan orang banyak. Sangatlah sulit untuk mendapatkan penghayatan, karena diri terlampau grogi yang kadang membuat kita lupa bait.

Nah, Untuk mengatasi dan memaksimalkan Cara Baca Puisi kita, mungkin tips ini akan bermanfaat bagi kita yang suka dengan sastra yang satu ini.

Artikulasi dan Intonasi

Cara Baca Puisi

CC HugoAtaide / Pixabay.com

Seperti yang disebutkan diatas membaca puisi berbeda dengan membaca biasa. Dalam membaca puisi diperlukan Artikulasi yang baik yaitu Kejelasan dalam pengafalan huruf dan kalimat. Berlatihlah dengan menyebutkan kata yang mengandung A I U E O.

Selain itu, Membaca puisi juga di perlukan Intonasi yang baik. Bacalah terlebih dahulu isi puisi tersebut, agar kita dapat mengetahui kapan harus menaikkan nada atau volume suara dan kapan harus merendahkan nada atau volume suara kita.

Sesuaikanlah Tekanan nada dengan apa yang kita baca. Jika kita sampai pada kalimat kesedihan maka tekanan nada kita haruslah sedih. Begitu juga dangan senang, gembira, Bahagia, galau dan lainnya.

Atur pula intonasi capat atau lambatnya dalam pengucapan kalimat atau suku kata tertentu. Buat pendengar memahami dengan benar apa isi puisi yang kita sampaikan. Bukan membaca puisi namanya jika terlalu cepat atau lambat.

Dalam membaca puisi, ada tiga jenis Tekanan intonasi :

  • Dinamik, yaitu tekanan pada kata- kata atau kalimat yang penting.
  • Tada, yaitu tekanan tinggi rendahnya suara.
  • Tempo, cepat lambat pengucapan suku kata atau kata.

Mimik atau Expresi

Cara Baca Puisi

CC Johnhain / pixabay.com

Dalam pembacaan puisi yang biasa paling diperhatikan adalah Expresi atau mimik kita. Dari sini orang bisa menilai seberapa dalam penghayatan kita dalam membaca puisi. Selain itu, dari sini juga orang akan terbawa suasana dan menghayati apa yang kita ucapkan.

Berlatih mimik cukuplah mudah tanpa perlu mengeluarkan biaya. Dengan senam wajah didepan cermin, keluarkan  semua expresi yang ada pada wajah kita seperti sedih, gembira, bingung, menangis, marah, dan lainnya.

Ketepatan mimik dalam membaca puisi sangatlah kita perhatikan, sesuaikanlah mimik dengan apa yang kita baca. Jika isi kalimat puisi kesedihan maka sedihlah expresi atau mimik kita, begitu juga yang lainnya. Seolah – olah kita merasakan apa yang kita baca.

Gerak Tubuh

Cara Baca Puisi

CC tunaolger / pixabay.com

Tidak kalah penting dari mimik dan expresi, Gerakan juga punya poin penting dalam pembacaan puisi. Dengan gerakan kita lebih bisa menyampaikan makna atau isi puisi yang kita bada kepada pendengar atau penonton.

Sama dengan mimik, gerakan juga harus sesuai dengan kalimat yang kita baca. Jika kalimatnya senang ataupun gembira maka gerakan pun menunjukkan kegembiraan.

Berlatihlah dengan berdiri didepan cermin atau meminta teman untuk menilai gerakan dan juga mimik kita apakah sudah benar atau tidak.

Tingkatkan Perasaan

Cara Baca Puisi

Pixabay.com

Meningkatkan kepekaan perasaan dirasa perlu untuk menjadikan Mimik dan expresi lebih terlihat real dan nyata. Baca puisi dengan perasaan akan lebih membuat pendengar atau penonton terbawa akan suasana.

Dalam meningkatkan kepekaan ini, kita perlu berlatih dengan beryoga atau bisa dengan menenangkan diri sejenak dengan berduduk santai dan rilex sambil mengatur pernapasan yang biasa di sebut meditasi.

Penguasaan Panggung

Cara Baca Puisi

CCO pexels / pixabay.com

Hal ini juga menjadi salalah satu poin penting untuk kita lakukan. Hindari membaca puisi hanya berfokus pada satu tempat saja atau pada satu arah saja.

Beranikan diri untuk bergerak ke posisi lain, agar tidak terlihat kaku oleh penonton.

Selain itu, Jika menggunakan microphone, aturlah sebaik mungkin jarak mulut kita dari microphone, minimal 20cm. Seperti yang kita ketahui diatas, membaca puisi perlu artikulasi atau pengucapan yang jelas.

Jika mulut kita terlalu dekat dengan mic atau menyatu dengan mic, maka suara yang keluar dari speaker akan pecah dan tidak jelas di dengar oleh penonton.

Jadi, jika kita perhatikan Cara Baca Puisi yang baik, kita mengetahui bahwa membaca puisi bukanlah hal yang mudah. Namun dengan berlatih yang giat dan sungguh – sungguh, kita bisa membaca dengan baik.

Jangan lupa Like Fan Page Facebook apahayo dan follow juga kita di Instagram Apahayoofficial , Jangan lupa juga Share atau bagikan artikel ini ke sahabat kita ya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply