Tips Foto Model Diluar Ruangan

Tips Foto Model Diluar Ruangan

Tips Foto Model – Seorang pemula dalam di bidang fotografi biasanya memulai hasil fotonya dengan objek – objek yang mudah di foto. Salah satunya menggunakan objek seorang model. Dalam kesempatan ini kita akan bahas sedikit tips foto model.

Kalau kita mendengar kata model, bayangan kita selalu pada sosok wanita yang cantik, muda dan memiliki tubuh yang bagus.

Namun istilah di atas sebenarnya salah, karena pengertian model yang di maksud adalah seseorang yang menjadi objek dalam sebuah foto. Mulai dari bayi, remaja, orang tua sampai kakek nenek. Bahkan seekor binatang pun bisa disebut model.

Tips Foto Model

Pixabay com

Dalam hal ini, pertama yang kita harus siapkan adalah sebuah kamera. Setiap jenis kamera bisa dipakai dalam pemotretan ini.

Perlu kita ketahui untuk pemotretan seorang model idealnya memakai kamera yang lensanya bisa dilepas tukar atau yang di sebut DSLR, dan Mirrorless.

Sehingga dalam proses pemotretan kita dapat membuat foto close up dengan menggunakan lensa tele atau lensa zoom. Dan kelebihannya pula background yang berada di belakang subjek menjadi blur atau yang di sebut bokeh.

Tapi kalau kita hanya memmiliki jenis kamera pocket atau hanya memanfaatkan fasilitas kamera di handphone anda, itu bukan menjadi masalah.

Untuk memotret seorang model, kita memakai teknik foto close up. Sebuah foto close up adalah foto yang menampilkan bagian tubuh si model mulai kepala sampai bagian pinggang.

Selain itu juga ada istilah ekstrem close up, yang mempunyai arti foto yang menampilkan bagian wajah si model. Bahkan bisa hanya bagian mata saja.

Tips Foto Model

Tips Foto Model

Untuk pemotretan ekstrem close up lebih bagus kalau dilakukan dengan jenis kamera yang lensanya bisa dilepas tukar. Dan untuk artikel ini, kita akan berfokus pada pemotretan close up dengan menggunakan semua jenis kamera.

Karena artikel ini lebih mengutamakan bagi kita yang belum terlalu paham tentang ilmu fotografi dan ingin belajar tentang teknik fotografi.

Berikut beberapa Tips Foto Model di luar ruangan atau outdoor.

KAMERA YANG TEPAT

Tips Foto Model

Pixabay com

Tips Foto model pertama adalah memilih kamera yang tepat, sebenarnya semua jenis kamera bisa kita dipakai dan gunakan, baik jenis digital atau konvensional (kamera film) bahkan kamera pada handphone pun bisa kita manfaatkan.

Gunakan lensa yang bisa di zoom sehingga jarak anda dengan model yang anda potret bisa agak jauh. Dan usahakan tidak memotret dengan lensa pada posisi wide angle (lensa lebar) khususnya untuk pemotretan close up.

Karena selain jarak anda dengan model lebih dekat, pada hasil foto wajah model akan terlihat lebih lebar karena efek distorsi. Contoh efek ini bisa dilihat kalau anda berkaca di depan kaca yang berbentuk cembung.

WAKTU YANG IDEAL

Tips Foto Model

Pixabay com

Kalau kita memotret dengan memanfaatkan atau mengandalkan cahaya matahari atau diluar ruangan, waktu yang ideal untuk pemotretan adalah jam 8 – 10 pagi atau jam 3 – 5 sore.

Karena pada waktu tersebut tepat cahaya matahari masih lembut, tidak terlalu keras sinarnya. Sehingga bayangan yang akan muncul di bagian bawah kelopak mata, pada hidung dan leher model tidak terlalu keras.

KONDISI PENCAHAYAAN

Tips Foto Model

pixabay com

Tips foto model berikutnya adalah mengarahkan datangnya cahaya dari matahari di sisi kanan atau kiri model. tapi jika cahaya matahari masih belum keras kita bisa menempatkan model dengan menghadap sejajar arah matahari.

Tips Foto Model

NationalGeographic pages

Selama mata sang model tidak mengecil karena menahan datangnya cahaya matahari, mengarahkan model langsung kematahari bukan masalah.

Dan untuk mengantisipasi wajah bagian yang lebih gelap karena tidak terkena cahaya matahari, kita bisa menggunakan kertas putih yang besar atau kain putih yang berfungsi sebagai reflektor atau media pantul dari cahaya matahari, dengan membentangkan menghadap ke arah bagian wajah yang terlihat gelap.

Perlu kita perhatikan adalah Jangan sekali-kali kita memotret model dengan posisi kamera melawan cahaya matahari (cahaya matahari dari belakang model).

Karena pengukur cahaya yang ada pada kamera akan membaca cahaya yang datangnya dari matahari bukan dari cahaya yang berada pada subjek atau model. Dan foto yang dihasilkan tampak gelap pada subjek sementara bagian belakang model terang (siluet).

Tips Foto Model

Pixabay com

Salah satu contoh foto siluet.

KOMPOSISI

Tips Foto Model

Pixabay com

Tak ada salahnya mempelajari teknik komposisi dalam pengambilan gambar terlebih dahulu sebelum melakukan pemotretan. Karena komposisi yang bagus akan menghasilkan foto yang sedap dan enak dipandang

Tempatkanlah model pada tengah frame kamera. Posisikan kamera sejajar dengan mata model. Jangan terlalu rendah atau terlalu tinggi dari model.

Kita bisa mengaturnya lewat jendela penglihat (view winder) pada kamera kita. Jadi apa yang kita lihat di jendela penglihat kamera anda, dan itu yang akan terekam pada foto anda.

Dan untuk model yang memiliki bentuk wajah yang lebar atau postur tubuh yang gemuk, aturlah posisi wajahnya agak sedikit serong ke sisi kiri ataupun sisi kanan. Jangan menghadap lurus ke arah kamera.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi kesan gemuk atau lebar pada wajah model. Sehingga gambar pada foto akan terlihat salah satu sisi pipi si model sedikit ramping karena model menghadap sedikit serong ke sisi kiri atau kanan. Biasanya setiap model khususnya wanita ingin terlihat lebih kurus ketika kita foto.

JALIN KOMUNIKASI BAIK

Tips Foto Model

Pixabay com

Biasanya orang atau model yang akan kita foto akan merasa kaku pada waktu pertama kali pemotretan. Untuk itu mencairkan suasana agar si model merasa nyaman dan santai ketika kita potret, usahakan untuk mengajak si model ngobrol ringan.

Jaga perkataan kita ketika pada saat waktu pemotretan ada pose atau gaya model yang kurang bagus, jangan sekali-kali kita berkata “jelek” pada model. Kita bisa mengganti dengan kalimat “Tolong pose lain dong, yang itu tadi sudah…”.

Kalau kita mengatakan pose yang ditampilkan si model jelek dengan mengatakannya secara langsung pada si model, Secara psikologis model akan merasa kurang percaya diri untuk berpose lagi.

Bahkan yang lebih parah dia bisa kehilangan mood-nya. Intinya apapun pose yang ditampilkan model katakan bagus, meskipun kita kurang menyukainya. Dengan cara ini model akan merasa pede dan pose-posenya semakin terlihat bagus.

Biasanya model akan bergaya dengan santai setelah setengah jam pemotretan berjalan. Maka dari itu kalau kita memotret model dengan menggunakan kamera film, setengah jam pertama kita memotret dengan kamera tanpa film.

Setelah anda merasa model sudah rileks dan pose-posenya mulai bagus, baru anda isi kamera anda dengan film.

Hal ini dilakukan untuk menghindari film yang terbuang sia-sia karena foto yang dihasilkan tidak terlalu bagus. Namun lakukan hal diatas tanpa sepengetahuan si model.Untuk kamera digital atau pakai memori tidak jadi masalah. Karena file-file yang tidak terpakai bisa kita hapus.

 

LOKASI YANG MEMILIKI PENCAHAYAAN TEPAT

Tips Foto Model

Pixabay com

Hampir seemua tempat di luar ruangan (outdoor) bisa kita pakai untuk pemotretan. Asalkan kondisi cahaya di lokasi tersebut cukup terang untuk pemotretan. Contohnya : Taman, perkarangan rumah yang banyak pepohonan rindang, sawah dan lain-lain.

Carilah lokasi yang dipakai tidak terlalu ramai. Karena objek yang kita tonjolkan dalam pemotretan ini adalah modelnya. Jangan sampai latar belakang lebih menarik dari pada modelnya.

HINDARI MENGEDIT YANG TERLALU BERLEBIHAN

Tips Foto Model

Pixabay com

Dalam pengeditan foto, usahakan hanya mengedit Brightness, kontras, sharpen, dan saturation. akankah kita bisa saja kita sedikit saja. cara mengubah white balance atau menambah blur, asalkan dalam batas wajar.

Dan menggunakan aplikasi editing yang banyak di pakai oleh fotografer. Kami rekomendasikan untuk PC memakai Adobe lightroom, Photoshop, dan untuk hanphone menggunakan Adobe lightroom versi mobile, snapseed, VSCO, Picsart.

Nah, mungkin itu saja yang bisa kita  share ke pembaca. semoga berguna, dan bisa di terapkan. Jangan lupa share ke teman – temanmu agar lebih bermanfaat dan komentar di kolom bawah, silahkan jika ada yang ingin di tanyakan dan di tambahkan.

Sebenarnya ada banyak yang dapat disampaikan di dalam topik pembahasan ini. Untuk sementara ada baiknya kita sebagai pemula mempelajari dulu tips-tips diatas.

Jangan lupa Like Fan Page Facebook apahayo dan follow juga kita di Instagram Apahayoofficial , Jangan lupa juga Share atau bagikan artikel ini ke sahabat kita ya.

Semoga bermanfaat. Semoga bisa menjadi inspirasi..

Leave a Reply