Tips Mendaki Gunung Bagi Pemula

Tips Mendaki Gunung

Tips Mendaki Gunung

Pixabay.com

Tips Mendaki Gunung – Jaman sekarang aktifitas yang satu ini semakin banyak di minati kalangan masyarakan Indonesia, terlebih bagi kaum muda. Ditambah jaman smartphone sekarang banyak yang ingin mengabadikan diri ditempat pegunungan dengan smartphonenya.

Mendaki Gunung bukan tentang liburan saja, atau hanya sebatas kegiatan treking, summit, foto-foto di puncak, turun kembali ke basecamp.

Perlu kita ketahui mendaki gunung bukanlah hal yang mudah, tetapi perlu persiapan yang matang dan khusus yang kita lalukan.

Terutama pada persiapan fisik dan mental, menganggap remeh maka akan berakibat fatal bagi kita. Walaupun mendaki gunung merupakan sebuah kegiatan yang kita lakukan di luar ruangan yang memang menyenangkan, menantang dan memacu adrenalin.

Beberapa Tips Mendaki Gunung ini mungkin akan bermanfaat bagi kita yang akan melakukan aktifitas satu ini, Terlebih pada persiapan kita.

Perencanaan Yang Baik

Tips Mendaki Gunung

Pixabay.com

Sebelum melakukan pendakian, yang perlu kita lakukan adalah melakukan perencanaan yang baik. Dengan menentukan lokasi, Jarak rute pendakiannya, kondisi cuaca pada hari pendakian, waktu selama pendakian, karena semua itu akan menentukan persiapan perbekalan dan peralatan kita. Oleh karena itu, rencanakan dengan baik,

Menentukan Lokasi

Dalam menentukan lokasi, kita harus sesuaikan dengan kondisi fisik dan waktu kita. Jangan sampai memilih lokasi yang tidak sesuai dengan kondisi fisik kita karena akan berakibat pada kita sendiri, dan juga jangan sampai memilih lokasi yang membuat kita harus mengorbankan waktu kerja atau waktu sekolah.

Rute Dan Kondisi

Carilah informasi tentang lokasi pendakian, dengan bertanya pada pendaki lain yang sudah kesana itu jauh lebih efektif ketimbang mencari dari mesin pencarian atau di situs – situs. Dengan mengetahui rute dan kondisinya maka kita bisa lebih bersiap.

Cuaca

Cuaca juga kadang membuat pendakian kita berantakan, terlebih jika cuaca buruk. Hindari mendaki pada saat hujan lebat karena jalan rute akan licin, dan berpotensi adanya tanah longsor atau banjir bandang dari atas gunung. Oleh karena itu selain menentukan lokasi yang aman bagi kita, kita harus melihat pula kondisi cuaca.

Latihan Fisik Sebelum Pendakian

Tips Mendaki Gunung

Pixabay.com

Ini adalah hal penting yang harus kita lakukan untuk persiapan dalam pendakian.

Dengan olah raga yang rutin seperti Lari pada pagi hari dan sore hari atau latihan fisik yang ringan minimal 2 hari sebelum melakukan pendakian.

Hal ini bertujuan untuk melatih otot kita, agar pada saat pendakian otot sudah terbiasa bergerak dan menjauhkan kita dari cidera otot.

Perhatikan pula kesehatan pada diri kita, dengan tidur yang teratur, makan yang teratur, dan jika di rasa perlu minumlah multivitamin untuk menjaga kebugaran tubuh kita.

Perlengkapan dan Barang

perlengkapan mendaki gunung

image.google.com

Dalam hal ini kita harus sedikit selektif, karena jika membawa barang dan perlengkapan yang ujung – ujungnya tidak kita pakai, hanya menambah beban yang kita bawa.

Bawalah perlengkapan yang memang kita perlukan, seperti Tenda, Matras, Alat Masak, Senter, Beberapa Pakaian dan Obat – Obatan atau P3K.

Pilihlah tas yang sesuai untuk pendakian kita seperti yang sudah kita jelaskan di artikel Memilih Tas Carrier Untuk Pendaki.

Bawalah Pakaian secukupnya, sesuai kebutuhan saat di sana dan lama pendakian kita.

Makanan dan Cemilan

Tips Mendaki Gunung

Pixabay.com

Dalam setiap pendakian sangatlah menguras tenaga kita, oleh karena itu untuk menambah energi kita harus memiliki persiapan cadangan makanan yang banyak, namun tidak menambah beban dalam tas kita.

Bawalah makanan pokok untuk selama pendakian, seperti beras ataupun mie instan, Sesuai dengan lamanya waktu pendakian kita.

Selain itu juga, bawalah cemilan untuk penambah energi sesaat di perjalanan, agar tidak cepat lelah karena energi terkuras.

Ijin Untuk Kenyamanan

Ini adalah Tips Mendaki Gunung yang penting untuk di lakukan oleh kita.

Sebelum memasuki kawasan pegunungan, biasaya ada pos penjagaan atau tempat untuk melapor bahwa kita akan menjelajahi kawasan tersebut. Hal ini bertujuan untuk menjaga kenyamanan kita, dan keamanan selama pendakian.

Kalaupun tidak ada setidaknya kita meminta ijin pada warga atau sepuh yang ada didesa ataupun kampung yang ingin kita masuki. Beradablah maka orang lain akan segan dan beradab pada kita.

Menjaga Kawasan Gunung

Tips Mendaki Gunung

thethingswesay.com

Hal ini perlu di tekankan lebih kepada para pendaki, apalagi pendaki yang musiman, Pendaki yang bukan benar – benar cinta akan alam.

Kebanyakan dari mereka seenaknya mencoret – coret, mengambil yang bukan miliknya seperti mengambil batu – batuan untuk dibawa pulang

Atau bunga tanaman merusak ekosistem yang ada disana dan membuang sampah sembarangan.

Jika kita bukanlah seperti mereka, mari jaga kawasan pendakian dan gunung agar jauh dari sampah dan tetap alami bersih dari coretan – coretan.

Ingatlah pesan para pendaki sejati.

Dilarang melakukan vandalisme (mencoret coret, mengotori dll), Dilarang membunuh sesuatu apapun kecuali waktu, Dilarang mengambil apapun, kacuali gambar/foto, Dilarang meninggalkan apapun, kecuali jelak kaki.

Jangan Malu Minta Istirahat

Tips Mendaki Gunung

pixabay.com

Tentu selama Mendaki gunung, sangatlah melelahkan. Hal ini kadang bagi pemula seperti kita tak akan bisa menyamai dengan mereka yang sudah terbiasa mendaki gunung.

Jangan malu meminta untuk beristirahat, karena kebanyakan dari pendaki pemula malu untuk melakukan hal ini, dengan alasan tidak ingin merepotkan orang lain.

Pemikiran seperti itu sangat salah, malah justru jika kita kecapean lalu badan drop dan tak bisa melakukan apapun ini lebih merepotkan orang lain.

Nah, sekarang bagaimana Tips Mendaki Gunung tadi ? apa kita sudah tentukan kemana kita akan mendaki. Tentu, dalam mendaki kita harus utamakan keselamatan dan kenyamanan kita selama berada di sana, jangan sampai salah persiapan membuat diri kita gagal untuk menikmati alam. Tunggu apa lagi, ayo angkat Tas Carriermu jelajahi Indonesia.

Jangan lupa Like Fan Page Facebook apahayo dan follow juga kita di Instagram Apahayoofficial , Jangan lupa juga Share atau bagikan artikel ini ke sahabat kita ya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply